Cerita dan Inspirasi, Keluarga

7 REFERENSI BUKU PARENTING YANG BAGUS UNTUK DIBACA

Bismillah…

Melanjutkan artikel yang pernah saya tulis mengenai habiskan uang salah satunya untuk investasi leher keatas yaitu dengan mengupgrade ilmu adalah dengan Buku. Bunda boleh meminjam, membeli, mendownload ebook, atau apa sajalah caranya asalkan halal dan baik, untuk mendapatkan keilmuan.

Baru saja saya memborong 7 Buku tentang pola asuh anak dan parenting, yang mungkin ada yang sudah lama terbit, baru terbit dan edisi revisi. Tidak jadi masalah untuk saya dalam belajar, karena tidak ada kata terlambat untuk kita belajar.

Berikiut 7 Buku tentang parenting yang bagi saya bagus untuk dibaca, dan mungkin Bunda juga bisa mendapatannya juga di toko-toko buku terdekat.

  1. “37 Kebiasaan Orangtua Yang Menghasilkan Perilaku Buruk Pada Anak”

Buku cetakan GRASINDO karangan Ayah Edy (edisi revisi) yang berisi tentang masalah dan solusi dari problematika antara anak dan orangtua, beserta hubungan perilaku anak yang merupakan sebab dari kebiasaan para orangtuanya.

image host

 

2. “Rumah Main Anak”

Buku Best Seller ini ditulis oleh Julia Sarah Rangkuti (founder Komunitas Rumah Main Anak) ini berisi tentang tips dan tutorial permainan anak yang bisa dilakukan dirumah dengan perlengkapan sederhana yang mudah didapat tetapi tetap mengedukasi anak, juga lengkap dijelaskan pembagian permainannya sesuai dengan usia anak. Bagi Bunda yang bingung mau main apa sama anak-anak, wajib punya ini.

image host

 

3. “Adversity Quotient”

Buku karangan Miarti Yoga ini membahas tentang salah satu cara untuk membangkitkan Adversity Quotient, sebuah kecerdasan dalam mengatasi berbagai persoalan dan daya tahan seorang anak dalam mengahdapinya. Dan penulis sangat lengkap menuliskan tahap demi tahap proses untuk pembaca mempraktekannya.

image host

 

4. “Menjadi Orangtua Bijak Di Era Digital”

Buku yang ditulis oleh Yalda T.Uhls, MBA, Ph.D, ini bisa digunakan sebagai panduan untuk kita sebagai orangtua agar tetap dapat beradaptasi dengan aktifitas anak di era digital ini. Membahas tentang kiat-kiat kita sebagai orangtua agar bisa melek dunia online guna dapat mengawasi dan membimbing anak-anak kita di masa perkembangannya. Membahas sisi positif akan perkembangan internet bagi perkembangan anak. Sepertinya kita harus baca deh, karena anak-anak kita akan hidup dimasa ini.

image host

 

5. “49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan & Otak Kiri”

Buku ini akan membantu para orangtua untuk melatih dan mengembangkan kemampuan otak kanan dan otak kirinya agar bekerja lebih maksimal melalui aktifitas sehari-hari yang dapat dilakukan dimana saja. Membuat anak dapat tumbuh lebih cerdas dan kreatif.

image host

6. “ParenThink”

Buku yang ditulis oleh artis Mona Ratuliu ini menjadi buku best seller karena ditulis berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa teman-temannya yang fokus menjadi smart parent untuk anak-anaknya. Di buku ini dia membagi semua ilmu tentang parenting yang pernah dia pelajari dan praktekkan. Sangat recommended untuk kita para ibu muda yang ingin menjadi smart parent untuk anak-anak kita.

image host

7. “How To Deal With Your Children”

Buku yang ditulis oleh psikolog Hanlie Muliani, M.Psi. ini berisikan tentang bagaimana cara kita sebagai orang tua mampu melakukan kesepakatan-kesepakatan yang baik dan tidak membuat anak merasa dikekang atau dimarahi. Dikemas dengan bahasa yang mudah dicerna dan tata cara yang mudah dipraktekkan, saya merekomendasikan buku ini untuk para orangtua yang merasa sulit untuk berkomunikasi dengan anak.

image host

 

Sedikit saran dari saya, komunikasikan juga dengan pasangan dan seisi orang rumah untuk penerapan dari beberapa metode dan tips dari buku-buku diatas agar hasilnya lebih maksimal membawa perubahan. Semoga generasi anak-anak kita semakin menjadi generasi yang cerdas, kreatif dan beriman. Selamat membaca yah Bund….

 

Coretan Jemari Bunda Inggit

image host

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *