Cerita dan Inspirasi, Lifestyle

HABISKAN UANGMU UNTUK 3 INVESTASI INI

Bismillah….

Assalamualaikum Bunda….

Beberapa minggu lalu saya habis belanja, seneng yah kalau habis belanja, Bunda juga pastinya suka banget kalau urusan belanja-belanja kan hehehehe.

Sebelum saya bahas tentang belanja, saya mau share rangkuman dari artikel yang saya pernah baca, yang isinya mengenai Jangan ragu mengeluarkan uangmu untuk 3 Investasi yang tidak pernah ada ruginya, apa saja itu?

1.INVESTASI ILMU 

Keluarkan uangmu untuk investasi ilmu atau lebih sering dikenal dengan investasi leher keatas. Seperti mengikuti pelatihan-pelatihan, beli buku edukasi, mengikuti seminar dan sebagainya. Alasannya adalah, otak kita harus dilatih dan di upgrade dengan keilmuan-keilmuan, dan inilah yang selalu kita bawa kemana-mana, karena semua tersimpan di otak dan  terlatih dengan praktek terus-menerus. Dan disaat kita menularkan keilmuan tersebut, inshaa Allah disetiap orang lain mengamalkan, kita akan mendapatkan keuntungan pahala juga untuk bekal di akhirat nanti.

“Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga.” (HR. Muslim).

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5).

Sumber : https://rumaysho.com/3505-tafsir-surat-iqro-1-bacalah-dan-bacalah.html

 

2.INVESTASI BERBAKTI KEPADA ORANGTUA

Tidak perduli keadaan orangtuamu yang berkecukupan, sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk tetap berbakti pada orangtuanya lebih prioritas. Jangan pelit kepada orangtua, jangan perhitungan pada orangtua, karena uang yang kita habiskan untuk orangtua akan menjadi keberkahan disaat orangtua kita mengucapkan syukur dan berdoa untuk kita, disaat hati orangtua menjadi senang maka akan menjadi keberkahan untuk kita. Jangan tunggu sampai punya uang berlebih, karena dulu orangtua kitapun mengurus kita, mereka rela melakukan apapun demi mencukupi kita, tidak pernah menunggu sampai berlebihan.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23)

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 13-14)

Sumber : https://rumaysho.com/480-ibu-ayah-aku-ingin-meraih-surga.html

 

3.INVESTASI SEDEKAH

Sedekah tidak akan mengurangi hartamu malah akan terus melipatgandakan dan mendatangkan rejeki yang tidak akan disangka-sangka arahnya. Konsep ini tidak akan masuk akal bagi yang ingin menghitung-hitung algoritma langitan. Jangan tunda untuk bersedekah, apalagi sedekah untuk pembangunan tempat ibadah, yayasan yatim piatu, bencana, dan sebagainya. Jika ada kesempatan untuk bisa menyantuni rutin anak yatim, maka jangan sia-siakan karena itu sebuah keberuntungan yang Allah kasih.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)”

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut[1]. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”[2]

Hadits ini dibawakan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi dalam Riyadhus Shalihin pada Bab “Kemuliaan, berderma dan berinfaq”, hadits no. 559 (60/16).

Sumber : https://rumaysho.com/828-sedekah-tidaklah-mengurangi-harta.html

Semua yang saya jelaskan diatas adalah 3 Investasi yang kita gak akan pernah Rugi jika kita mempraktekkannya dan menjadikan “Lifestyle” dalam hidup kita, karena 3 Investasi tersebut pun juga dibahas oleh Miliarder Hongkong “Li-Ka Shing” dalam artikel yang saya baca di sini “ Di Dunia Ini Ada 3 Jenis Uang Misterius, Semakin Kamu Habiskan, Semakin Banyak Kamu Dapat” 

Semoga bermanfaat yah Bund, jangan lupa di share ke temen-temen dan keluarga dan simak terus coretan jemari dari saya tentang Buku-buku yang sedang saya baca mengenai pola asuh anak di artikel berikutnya.

Jakarta, 29 Maret 2017

Coretan Jemari Bunda Inggit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *